Sabtu, 27 Oktober 2012

Istilah-istilah pada Database

1. Data Base

Database merupakan kumpulan data yang saling berhubungan.Hubungan antar data dapat ditunjukan dengan adanya field/kolom kunci dari tiap file/tabel yang ada. Dalam satu file atau table terdapat record-record yang sejenis, sama besar, sama bentuk, yang merupakan satu kumpulan entitas yang seragam.
Satu record (umumnya digambarkan sebagai baris data) terdiri dari field yang saling berhubungan menunjukan bahwa field tersebut dalam satu pengertian yang lengkap dan disimpan dalam satu record.

Sumber: http://putraaldy.blogspot.com/2012/02/pengertian-database.html

2. Tabel

Tabel adalah kumpulan data yang disusun berdasarkan baris dan kolom. Baris dan kolom ini berfungsi untuk menunjukkan data terkait keduanya. Dimana titik temu antara baris dan kolom adalah data yang dimaksud.

Sumber: http://www.inoputro.com/2012/08/definisi-tabel-grafik-dan-diagram/

3. Primary Key

Primary Key adalah atribut (field) yang dipilih untuk menentukan struktur storage pada organisasi file multi key, adapun key lainnya disebut dengan secondary key. Pengertian lainya Primary Key adalah suatu nilai dalam basis data yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu baris dalam tabel. Nilai dari primary key adalah unik.

Sumber: http://ijongblue.blogspot.com/2009/10/pengertian-primary-key-dan-foreign-key.html

4. Record

Menyatakan kumpulan dari sejumlah elemen data yang saling terkait. Contohnya : judul, pengarang, lalu penerbit dari sebuah buku yang menyusun sebuah record. selain disebut record ada juga yang menyebutnya tupel atau baris.

Sumber: http://ivonidiego.wordpress.com/tag/definisi-record/

5. Field/Atribut

Merupakan data terkecil yang memiliki makna. Istilah lain untuk field yaitu element data, kolom item dan attribute. Contohnya : judul buku, jumlah buku yang dibeli, dan penerbit buku.

Sumber: http://ivonidiego.wordpress.com/tag/definisi-record/

6. Entity Relationship Diagram

merupakan abstrak dan konseptual representasi data. Entity-Relationship adalah salah satu metode pemodelan basisdata yang digunakan untuk menghasilkan skema konseptual untuk jenis/model data semantik sistem. Dimana sistem seringkali memiliki basis data relasional, dan ketentuannya bersifat top-down. Diagram untuk menggambarkan model Entitiy-Relationship ini disebut Entitiy-Relationship diagram, ER diagram, atau ERD.

Sumber: http://artikelcomputers.blogspot.com/2011/11/pengertian-erd.html

7. Foreign Key

Foreign key mengidentifikasi satu atau lebih kolom pada satu tabel (tabel referensi) mengarah dari satu atau lebih tabel lainnya (tabel induk). Dengan adanya constraint foreign key pada satu kolom maka data pada kolom tabel referensi harus terdapat pada tabel induk. 

Sumber: http://asep-mulyawan.staff.akatelsp.ac.id/2008/06/13/database/primary-key-foreign-key-unique-dan-index/

8. Composite Key

composite key adalah kunci yang terdiri dari 2 atau lebih atribut yang secara unik mengidentifikasi suatu kejadian entitas. Setiap atribut yang membentuk kunci senyawa adalah kunci sederhana dalam haknya sendiri.

Sumber: http://yanuangga.blogspot.com/2010/05/compound-composite-key.html

0 komentar:

Posting Komentar