Minggu, 07 Oktober 2012

fungsi Tanggal dan Waktu pada C#


Anda dapat menggunakan tool Regional dan Language Options dalam Panel kontrol untuk menyesuaikan cara Windows menangani tanggal, waktu, nilai mata uang dan angka. 

Untuk membuka Regional dan Language Options:
  1. Klik Start, dan kemudian klik Control Panel.
  2. Klik Date, Time, Language, and Regional Options, dan kemudian klik Regional dan Language Options.
  3. Untuk mengubah satu atau lebih individu pengaturan, klik Customize.

    Catatan: Lokasi pilihan yang Anda buat termasuk pilihan tampilan default untuk tanggal, waktu dan nomor yang ditampilkan.

Untuk mengubah tampilan tanggal

  1. Di kotak dialog Menyesuaikan Regional Options , klik tab tanggal untuk menentukan setiap perubahan yang Anda inginkan apakah membuat yang tanggal pendek dan tanggal yang panjang.
  2. Jika Anda tidak melihat format yang Anda inginkan dalam kotak Short date atau Long date , gunakan panduan berikut:
    • Untuk menampilkan satu digit angka tanpa terkemuka nol, ketik d untuk pengaturan hari, ketik y untuk tahun pengaturan, dan jenis M untuk pengaturan bulan.
    • Untuk menampilkan terkemuka nol dengan satu digit angka, ketik DD untuk pengaturan hari, ketik YY untuk tahun pengaturan, dan jenis MM untuk pengaturan bulan.
    • Untuk menampilkan dua digit terakhir tahun, ketik YY untuk pengaturan tahun.
    • Untuk menampilkan empat digit untuk tahun, ketik YYYY untuk pengaturan tahun.
    • Untuk menampilkan singkatan untuk hari atau bulan, ketik ddd untuk hari pengaturan dan jenis MMM untuk pengaturan bulan.
    • Untuk menampilkan nama hari atau bulan, ketik DDDD untuk hari pengaturan dan jenis MMMM untuk pengaturan bulan.
    • Untuk menampilkan teks tambahan, ketik satu tanda kutip (') teks.

      Catatan: Ketik huruf besar m untuk pengaturan bulan. M huruf kecil digunakan untuk pengaturan menit.
  3. Untuk menentukan bagaimana komputer Anda menafsirkan dua digit tahun, pada tab tanggal , di bawah ketika dua digit tahun masuk, menafsirkannya sebagai tahun antara, ketik atau klik tahun yang Anda ingin mengkonfigurasi pengaturan ini untuk mengakhiri pada.

    Fitur ini memiliki rentang waktu 100 tahun (rentang default adalah 1930 untuk 2029). Empat digit tahun tidak dipengaruhi oleh pilihan ini. Program yang menggunakan opsi ini untuk menafsirkan dua digit tahun menganggap tahun antara (dan termasuk) 30 dan 99 didahului oleh 19, dan tahun-tahun antara (dan termasuk) 00 dan 29 didahului oleh 20. Sebagai contoh, 99 dianggap sebagai 1999 dan 01 ditafsirkan sebagai 2001.

    Catatan: Tidak semua program menggunakan opsi ini. Jika program yang Anda gunakan tidak benar menafsirkan dua digit tahun, Konsultasikan dokumentasi atau produsen dari program tersebut.

Untuk mengubah tampilan waktu

  1. Di kotak dialog Menyesuaikan Regional Options , klik tab waktu untuk menentukan setiap perubahan yang Anda inginkan untuk membuat.

    Catatan: Mengkonfigurasi pengaturan sehingga terkemuka zeros dalam satu digit jam, menit, atau detik tidak ditampilkan, mengetik satu huruf besar H, atau lowercase surat, seperti hm, atau s.
  2. Jika Anda tidak melihat format yang Anda inginkan dalam kotak format waktu , gunakan panduan berikut:
    • Untuk menampilkan waktu dalam format 24-jam, ketik huruf besar H atau HH selama satu jam.
    • Untuk menampilkan waktu dalam format 12-jam, ketik huruf kecil h atau HH selama satu jam.
    • Untuk menampilkan terkemuka nol digit tunggal jam, ketik HH atau HH.
    • Untuk menampilkan huruf tunggal untuk menunjukkan AM atau PM, ketik huruf kecil t.
    • Untuk menampilkan dua huruf untuk menunjukkan AM atau PM, ketik huruf kecil tt.
    • Untuk menampilkan teks, ketik satu tanda kutip (') teks.

Untuk mengubah tampilan nilai mata uang

Di kotak dialog Menyesuaikan Regional Options , klik tab mata uang untuk menentukan setiap perubahan yang Anda inginkan untuk membuat. Anda dapat mengubah simbol mata uang, format yang digunakan untuk jumlah yang positif atau negatif, dan tanda baca.

Catatan: Jika Anda beralih mata uang (misalnya, dari mata uang nasional untuk Euro), mengubah simbol mata uang, dan kemudian klik OK atau Terapkan. Bidang lain berubah untuk mencerminkan mata uang baru.


Untuk mengubah tampilan nomor

Di kotak dialog Menyesuaikan Regional Options , klik tab nomor untuk menentukan setiap perubahan yang Anda inginkan untuk membuat. Anda dapat mengubah simbol desimal dan pemisah daftar, format yang digunakan untuk angka negatif dan terkemuka nol, dan sistem pengukuran (AS atau metrik).

0 komentar:

Posting Komentar